Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

KEGIATAN BHAKTI KARYA PRAJA OLEH PRAJA INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI DI DESA SUKAMANAH DISAMBUT HANGAT OLEH PERANGK

Sebanyak 1.090 Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri mengikuti Kegiatan Bhakti Karya Praja yang dilaksanakan di Kabupaten Purwakarta dimana fokus kerja pada Desa-desa yang berada di seluruh kecamatan di Kabupaten Purwakarta. Kegiatan Bhakti Karya Praja memiliki maksud dan tujuan untuk menerpakan teori pengetahuan dan pelatihan . Para Praja disebar di 138 desa dan 9 kelurahan di 13 kecmatan yang berada di Kabupaten Purwakarta . Desa Sukamanah merupakan salah satu desa yang menjadi bagian dari tempat yang didatangi oleh Praja IPDN . Desa Sukamanah menerima kedatangan 7 orang Praja IPDN dalam rangka pelaksanaan bhakti karya praja atau yang biasa dikenal sebagai kegiatan kkn secara umum. Kedatangan Praja IPDN Jatinangor disambut langsung dengan hangat oleh kepala desa sukamanah, bapak Dadang Saputra beserta perangkat desa lainnya , kegiatan bhakti karya praja dilaksanakan dalam rangka memajukan desa-desa yang ada di Kabupaten Purwakarta melalui digitalisasi web desaku, salah satunya pada Desa Sukamanah. Kegiatan ini dilaksanakan dalam waktu 14 hari, terhitung sejak tanggal 5 september 2023 hingga tanggal 18 september 2023, dengan dilaksanakannya kegiatan Bhakti Karya Praja ini, diharapkan dapat memajukan Desa Sukamanah melalui digitalisasi informasi. Tema pelaksanaan kegiatan Bhakti Karya Praja " Mewujudkan Database Desa Melalui WEBDESAKU Untuk Percepatan Pembangunan Desa di Kabupaten Purwakarta" . Praja yang melaksanakan kegiatan Bhakti Karya Praja ini terdiri dari 3 Fakultas, yakni Fakultas Politik Pemerintahan, Fakultas Manajemen Pemerintahan dan Fakultas Perlindungan Masyarakat. Pada saat acara penyambutan di Desa Sukamanah  Praja dipersilahkan untuk memperkenalkan diri satu persatu di hadapan Perangkat Desa dengan harapan para Praja dapat berbaur dan menyesuaikan diri dengan culture serta Budaya yang ada di Desa Sukamanah dan dapat memberikan kontrubusi dalam rangka percepatan pembangunan Potensi Desa . Tidak hanya itu , kedatangan para praja bukan hanya untuk berkontirbusi dalam percepatan pembangunan Potensi Desa , melainkan juga pembangunan akhlak dan moral generaso muda dan masyarakat serta membangkitkan semangat warga Sukamanah . " Semoga kedatangan para praja di Kabupaten Purwakarta khususnya Desa Sukamanah dapat memberikan dampak positif pada Desa Sukamanah dan mendapatkan ilmu yang berguna yang di dapat dari Kegiatan Bhakti Karya Praja ini " ujar Dadang selaku Kepala Desa Sukamanah.  

DALAM RANGKA MEMERIAHKAN HUT RI KE- 78

Dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke- 78. Pada Hari Sabtu Tanggal 26 Agustus 2023 Pemeintah Desa Sukamanah mengadakan berbagai pentas seni Jaipong, tarian, paduan suara dan seni calung yang di ikitu oleh para anak- anak maupun dewasa, Serta kegiatan tersebut sekaligus pemberian penghargaan kepada mantan- mantan kepala desa sukamanah terdahulu dan peng hargaan kepada para stakekolder yang telah ikut berpartisipasi memajukan segala kegiatan yang ada di Desa Sukamanah Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta.

PELATIHAN WEB DESAKU

Dalam kegiatan tersebut di isi oleh Adi Kurniawan Tarigan seorang jurnalis , Ujarnya” tentang membuat berita, kita harus paham 5W1H, yaitu: What ,Who, Why, When, Where, How. Yang artinya dalam berita tersebut harus ada  kapan terjadinya dimana kejadiannya serta siapa pelakunya, Itu salah satu contoh apabila kita membuat berita tentang sebuah kejadian.